Rabu, 06 Mei 2015

Suhu dan Kelembaban Kumbung Jamur

Saat ini, pembudidayaan jamur tiram mengalami perkembangan yang pesat. Budidaya jamur tiram dilakukan di daerah dataran tinggi yang memiliki suhu yang dingin sedangkan pada daerah dataran rendah dibudidayakan pada kumbung kumbung jamur. Agar pertumbuhan jamur dalam kumbung dapat optimal maka suhu dan kelembaban daripada kumbung harus dijaga sesuai dengan kondisi alaminya. 

Di dataran rendah, pengaturan suhu dan kelembaban kumbung jamur masih dilakukan secara manual, yaitu dengan cara hanya menyemprotkan butiran butiran air. Cara tersebut kurang menjamin kesesuaian kelembaban yang dibutuhkan, selain itu suhu kumbung belum diatur karena masih mengandalkan suhu lingkungan sekitar. Dengan demikian apabila suhu lingkungan tidak sesuai dengan suhu yang dibutuhkan jamur tiram, produksi jamur akan menurun. Sehingga kontrol otomatis diperlukan untuk mengatur suhu dan kelembaban kumbung jamur. 

Untuk menjaga kondisi kumbung yang ideal yaitu ruang budidaya memiliki suhu dan kelembaban ±28°C dan 80% 90% RH, diperlukan alat berupa sprayer dan blower serta sensor SHT 10 untuk men-sensing dari suhu dan kelembaban ruang, serta exhaust fan untuk menjaga kelembaban dibawah 95% RH secara otomatis. 

Pengaturan dilakukan melalui Pulse Width Modulation (PWM) yang dibangkitkan mikrokontroler dari Rangkaian Basic Switching yang mengatur tegangan input dari sprayer dan blower. Sensor suhu dan kelembaban memberikan masukan pada mikrokontroler sehingga besar duty cycle PWM dapat diatur melalui OCR mikrokontroler. 

Pengaturan suhu dan kelembaban dengan menggunakan sprayer, blower dan sensor SHT10 dapat dilakukan dengan baik. Pengaturan ini menghasilkan penurunan suhu 0,2°C dari suhu ruang 30°C, dan kenaikan kelembaban 15,2 % RH dari kelembaban ruang 74 % RH. Waktu yang diperlukan untuk perubahan kondisi tersebut adalah 9 menit.

0 komentar:

Posting Komentar

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut