Selasa, 19 April 2016

Cara Praktis Budidaya Jamur Merang di Rumah

Dewasa ini, langkah serta cara budidaya jamur merang memang cukup menjadi perhatian. Selain jamur merang, jamur lain juga banyak dibudidayakan karena semakin banyak yang mengolah jamur baik untuk konsumsi rumah tangga maupun menu di warung atau pun restoran. 

Pasar penjualan jamur merang semakin bertambah karena rasanya yg enak serta teksturnya yg kenal. Ada dua tipe budidaya jamur merang yg diterapkan di Indonesia, yakni untuk skala rumah tangga serta skala industri yg lebih luas serta besar. serta untuk Anda yg ingin membudidayakan jamur tersebut, kami akan paparkan tips serta langkah mudah budidaya jamur merang dalam artikel tersebut. silakan disimak.

Media Tanam Merang

Hal pertama yg harus Anda ketahui adalah habitat yg cocok untuk tanaman jenis merang. Jamur hidup di tempat yg berasal dari makhluk hidup yg mengalami pembusukan serta pelapukan. Untuk itu, Anda juga perlu menyediakan lokasi tersebut sebagai tempat hidup jamur Anda. Caranya adalah dgn mencampurkan jerami dengan kapas dengan perbandingan 1 : 1. Kemudian masukkan juga kapur pertanian dengan ukuran sebesar 2 % dari berat jerami setelah digabung dengan kapas. Lalu 1 % urea serta 10 % bekatul. Dengan campuran tersebut, media tanam merang akan lebih mudah didapatkan.

Langkah fermentasi

Langkah kedua adalah fermentasi. Di sini terjadi pelapukan media tanam merang hingga di fermentasi dengan langkah memotong jerami sepanjang 10 hingga 15 centimeter. Campur jerami dengan kapas serta kapur. Setelah tercampur, Anda bisa merendam campuran tersebut selama 24 jam. Setelah itu, Anda bisa mengangkatnya serta meletakkannya di lantai yg berukuran 1,5 m x 1,5 m x 1,5 m. Di atas tumpukan itu letakkan plastik dan biarkan selama 4 hingga 6 hari lamanya. Anda harus membalik media tanam dalam tips mudah budidaya tanaman jamur jenis merang tersebut setiap 2 hingga 3 hari sekali. Baru setelah itu, Anda bisa menambahkan kapur pertanian, superprospat, juga dedak, masing-masing 1%, 1%, juga 10%.

Meletakkan di rak tanam

Ketika media tanam sudah jadi, Anda tinggal meletakkannya di rak tanam yg disiapkan di dalam kumbung jamur. Sebaiknya, media dibuat dengan ketebalan mencapai 15 hingga 20 cm. Setelah diletakkan, tutup kumbung jamur dan jangan lupa untuk menguapinya menggunakan uap panas. Pastikan bahwa uap dalam ruangan menjadi 70 derajat celcius. Biasanya dibutuhkan 2 hingga 4 jam untuk mendapatkan suhu tersebut. Setelah suhu didapatkan, Anda bisa mendiamkan kumbung selama 24 jam lamanya sehingga suhunya turun sampai 32 atau 35 derajat celcius. Baca juga Cara Budidaya Ikan Patin

Penanaman bibit

Selanjutnya, Anda bisa bisnis rumahan dengan menanam bibit menggunakan teknik yg mudah, yakni melalui menebarkannya secara langsung pada media tanam yg sudah steril.

Inkubasi

Proses inkubasi bisa dilakukan berdasarkan tahapan di bawah berikut;
  • Suhu 32 hingga 35 derajat celcius
  • Kelembabannya mencapai 65%
  • Cahaya lampu 60 watt
  • Kumbung ditutup selama 3 hingga 4 hari
  • Panen dilakukan setelah 8 hingga 12 hari
  • Sebaiknya Anda memanen saat kuncupnya belum mekar.

0 komentar:

Posting Komentar

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut